Subscribe:

KLIK DAPET 0,001 $

Selasa, 03 April 2012

TambulanPot Mangga Versi Bursa Holtikultura, Meruya JakBar

 Mangga Nam DoK Mai Berasal dari Negara Thailand Umur 2,5 Tahun

Media

Mangga okulasi ini ditanam di polybag sampai satu tahun. Saat berumur 1,5 tahun tanaman dipindahkan dalam ember berukuran 26. Menjelang usia 2,5 tahun, mangga dipindah didalam tong berukuran 100 1. Media yang dipakai untuk menanam sama. Pada tong misalnya lapisan dasar setinggi 15 cm diisa serbuk kayu. Serbuk itu kemudian ditutup pupuk kandang yang berisi 2-3 genggam tanah merah supaya tidak lengket. Sekitar 2/3 sisa tong diberi campuran pupukkandang dan tanah. Agar tetap lembab bagian atas ditutup pupuk kandang lagi. Komposisi pupuk kandang adalah campuran 35 karung kotoran sapi, 30 karung kotoran ayam dan 15-20 karung arang batok sebagai pelancar air.

Pemupukan 

Pemupukan dilakukan 3 bulan sekali dengan pupuk blood & bone, pupuk hayati dan OST ( organic soil treatment ). Khusus blood & bone dan pupuk hayati dicampur 1 ;1 dan berikan sebayak 3 genggam tangan setiap pemupukan. Sebelumnya tanah teratas digemburkan, setelah itu baru di tabur mengitari pangkal batang. Pupuk tambahan seperti NPK diberikan sekali saat berumur satu kali sebanyak 1 gengga tangan. 
Add caption

Perawatan  

Sejak berumur 1,5 tahun pemangkasan dilakukan secara teratur setiap 4-5 bulan sekali terutama memotong tunas muda agar cepat berbunga.Tanaman disiram dua kali sehari setiap pagi dan sore. Peyiraman dikurangi menjelang pembungaan dan diberi Zat perangsang tumbuh. Sedang kan untuk merangsang pertumbuhan akar dan mengurangi kerontokan daun digunakan minyak ikan setiap dua bulan sekal. Caranya satu tutup minyak ikan dilarutkan 10 liter air kemudian disiram.Untuk mencegah serangan hama biasanya diberi peptisida seperti supracide,matador atau decis dengan takaran 1 tutup botol per 10 liter air.Semunya disemprot pada daun, batang dan sisanya disiram ketanah. Perlakuan ini diberikan 3 bulan setelah okulasi setiap 2 minggu sekali. Sedangkan untuk mengatasi rayap dan semut selalu gunakan furadan sebanyak satu genggam tangan. Furadan digunakan 3 bulan sekali dengan cara ditabur.     

Tidak ada komentar: